Rabu, 13 September 2017

Manfaat Dan Cara Penggunaan Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Minyak zaitun atau Olive oil yaitu minyak yang dihasilkan dari buah zaitun atau olea europaea. Terdiri dari tiga jenis, yaitu: minyak zaitun biasa, virgin dan extra virgin. Yang membuat berbeda, melihatnya berdasarkan cara memproses dan mengolahnya,  serta buah zaitun yang akan digunakan berkualitas atau tidak. Minyak zaitun mengandung omega 9 atau asam oleat. Yang mampu menghasilkan lemak tak jenuh tunggal, sehingga mampu mengobati penyakit kolesterol. Banyak sekali manfaat minyak zaitun untuk kesehatan.

Minyak zaitun biasanya digunakan untuk bahan membuat kosmetik dan merawat rambut.
Beberapa manfaat minyak zaitun, yaitu :
1. Jantung
Manfaat minyak zaitun yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Lemak tak jenuh terkandung di dalam minyak zaitun. Mempunyai fungsi untuk mengeluarkan kolesterol jahat dan memperbanyak kolesterol yang baik. Membuat jantung tetap sehat. Caranya dengan minum minyak zaitun, sehari dua sendok makan.

2. Kanker
Kandungan antioksidan di dalam minyak zaitun sangat tinggi. Minyak zaitun dapat digunakan sebagai obat anti kanker. Di dalam antioksidan terdapat senyawa hidroksitirosol yang berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah, dan jika ada sel yang tumbuh tidak normal dapat langsung dicegah.

3. Mengontrol Jumlah Kolesterol Di Dalam Tubuh
Manfaat minyak zaitun bisa mengontrol kolesterol yang masuk ke dalam tubuh. Dan dapat memilah mana yang kolestrol baik dan kolesterol jahat. Setelah itu minyak zaitun ini akan membuang kolesterol yang jahat dan menambah jumlah kolesterol yang baik.

4. Diet
Minyak zaitun digunakan untuk program diet yang sehat. Caranya dengan minum minyak zaitun sehari minum 1-2 sendok makan, dua jam sebelum makan. Untuk menekan rasa lapar.

5. Tulang dan Sendi
Manfaat minyak zaitun lainnya adalah untuk kesehatan tulang dan sendi. Minyak zaitun mengandung zat prostaglandin. Untuk membantu tulang menyerap kalsium, tentunya akan menghambat tulang mengeropos (osteoporosis). Dan dapat mengobati radang pada persendian.

6. Kulit dan Rambut
Antioksidan yang terkandung di dalam minyak zaitun dapat memperbaiki sel-sel yang rusak, misalnya : mengobati bibir kering dan pecah, menghilangkan stretch mark, dan mengangkat sel-sel yang telah mati. Adanya vitamin E di dalam minyak zaitun  mempunyai fungsi yang baik untuk kulit, contonya: flek hitam di wajah hilang, kulit menjadi lembab, kotoran di wajah terangkat, dan minyak di wajah teratasi.

Minyak zaitun juga mengandung hormone DTH yang mampu mengurangi permasalahan pada rambut, contoh: rambut rontok, kutu, ketombe, dan menyehatkan rambut hingga ke akarnya. Caranya dengan menuangkan minyak zaitun ke bagian tubuh yang ingin diobati.

7. Awet Muda
Kandungan vitamin E yang ada di dalam minyak zaitun, mempunyai peranan untuk mencegah memecahnya asam lemak dalam tubuh. Karena memecahnya asam lemak yang terlalu cepat dan banyak, maka proses penuaan juga cepat. Sehingga dengan menggunakan minyak zaitun, membuat anda tampil lebih awet muda.

8. Kecantikan
Minyak zaitun dapat membantu kulit untuk beregenerasi. Minyak zaitun sering digunakan sebagai bahan pembuatan alat-alat kecantikan. Walaupun tanpa menggunakan campuran apapun, minyak zaitun dapat langsung digunakan untuk kecantikan kulit anda.

9. Kesehatan Usus
Minyak zaitun mengandung zat Oleuropein Aglycone, yang berfungsi untuk menyuplai darah ke usus. Zat akan membantu memperlancar darah menyuplai ke jaringan usus, sehingga usus tetap terjaga kesehatannya.

10. Mengontrol Gula Darah dalam Tubuh
Manfaat minyak zaitun yang terakhir, yaitu mengontrol kadar gula dalam darah. Membantu tubuh mengeluarkan kadar gula, jika kadar gulanya berlebih. Diabetes Mellitus dapat dicegah.
Jika dijabarkan kembali, mungkin masih banyak lagi manfaat minyak zaitun untuk kesehatan. Dan sudah dibuktikan dan dirasakan sejak jaman dulu.

Artikel Terkait

Manfaat Dan Cara Penggunaan Minyak Zaitun Untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email